Tips Kehidupan Super Lengkap yang Wajib Anda Ketahui #2

Tips Kehidupan Super Lengkap yang Wajib Anda Ketahui

Cara Mengatasi Kegugupan Berbicara di Depan Umum

 

Rasa gugup, rasa takut merupakan hal yang wajar. terutama berbicara di depan umum, semua orang yang akan maju untuk berbicara di depan umum pastinya memiliki rasa gugup. baik orang yang sudah sering berbicara di depan umum seperti presenter, mc acara pernikahan misalnya, pembicara seminar, apalagi orang yang jarang berbicara di depan umum. bahkan presiden pun, misalnya sewaktu pak jokowi dan prabowo mengadakan debat di tv sebelum pemilihan, mereka pun memiliki rasa gugup.



tidak heran, jika orang sekaliber mereka pun memiliki rasa gugup/takut. dalam penelitian di amerika, diteliti bahwa 90% orang, memiliki rasa takut berbicara di depan umum melebihi rasa takut akan kematian.  kenapa bisa sampai takut sekali berbicara di depan umum? karena resiko berbicara di depan umum adalah takut melakukan kesalahan, dan tentunya itu akan memalukan kita. dan rasa malu ini melebihi rasa takut kita akan kematian.

jadi bagaimana kita menghadapi kegugupan ini? kita perlu belajar dari orang yang sudah berpengalaman. misalnya para presenter. mereka pada awalnya pastinya juga memiliki rasa gugup. tapi bagaimana mereka mengalahkannya?

you can only be afraid of what you think you know – jiddu krishamurti. / anda hanya bisa takut oleh karena apa yang anda pikirkan/ketahui.

mengapa kita bisa gugup dan takut akan melakukan kesalahan waktu melakukan presentasi? karena kita sudah berpikir kita akan gagal melakukannya, kita berpikir kita akan salah melakukan presentasi. pikiran yang berpikir akan gagal inilah yang menyebabkan rasa takut kita.

untuk mengalahkan pikiran kita yang berpikir kita akan gagal melakukannya, kita perlu mengubah mindset kita. kenapa kita tidak berpikir hal yang baik saja yang akan terjadi? kenapa tidak berpikir positif saja? kita harus memaksakan pikiran kita berpikir yang baik saja yang akan terjadi, berimankan hasil positif saja yang akan terjadi.

dan sewaktu presentasi misalnya, akan lebih baik jika anda minum air terlebih dulu, dan menarik napas dan mengeluarkannya, untuk menetralkan emosi kita. karena ketika emosi kita gugup dan negatif, pastinya tubuh kita juga bereaksi negatif, dan kita perlu menetralisir hal tersebut.

ketika anda presentasi, akan lebih baik juga ketika melihat orang lain/penonton, anda bisa melihat satu jengkal di atas kepala mereka. jangan melihat wajah mereka, karena mereka hanya akan membuat anda gugup. belum lagi jika mereka kelihatan seperti membicarakan anda, anda hanya akan menjadi lebih gugup..

kemudian, kita juga perlu membiasakan diri berlatih berbicara lebih banyak. kita bisa karena terbiasa bukan? mana ada orang yang tiba-tiba langsung jadi presenter dalam sehari? pasti mereka juga sudah berpengalaman, dan sudah banyak berlatih juga sebelum menjadi presenter.

anda tau kenapa anda bisa marah? mungkin anda bilang orang lain yang membuat anda kesal dan marah. tapi coba lihat diri anda lagi, bukannya anda bisa marah karena anda mengijinkan diri anda sendiri marah? betul saudaraku?

bukannya anda bisa bahagia karena anda mengijinkan diri anda bahagia? apa yang mau kita alami itu atas ijin diri kita sendiri. jadi kenapa tidak mengijinkan diri kita menghilangkan rasa gugup itu? dan merasa percaya diri saja. percaya saja apa yang mau kita lakukan pasti berhasil.

oya, saya mau cerita sedikit tentang pengalaman saya, dulu saya orangnya juga pemalu, takut jika disuruh bicara di depan banyak orang. tapi ketika saya berpikir saya bisa melakukannya, ketika maju saya tidak merasa apa-apa, enteng saja, santai saja, dan semua berakhir dengan baik, beda ketika anda memiliki rasa gugup, ketika bicara saja sudah getar-getar kita, dan hasil akhirnya dijamin buruk. sebelum anda berbicara di depan umum, anda juga boleh berlatih berbicara di depan keluarga anda, atau teman-teman anda, dengan begitu anda akan lebih terbiasa. dan yang paling penting, jangan lupa doa..

kata kata bijak kehidupan yang bisa anda pelajari :

1. Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

 
2. Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.
—————————————————————————————————————————————–

Bagaimana cara mengampuni dan memaafkan seseorang?

 

mengampuni dan memaafkan merupakan salah satu hal yang paling sulit dilakukan dalam hidup kita. jelas jika melakukan perbuatan baik ke teman-teman kita, ke saudara kita, yang juga baik ke kita itu mudah. itu hal mudah, semua orang bisa. yang sulit itu ketika kita harus berbuat baik ke orang yang bersalah terhadap kita, terhadap musuh kita misalnya.


dan mungkin anda bertanya mengapa kita harus mengampuni dan memaafkan yang bersalah kepada kita, bukanya harusnya mereka yang minta maaf ke kita? memang ada benarnya, tapi jika anda bisa mengampuni ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan, berbeda jauh ketika anda hanya membenci dan menyimpan dendam terhadap mereka yang bersalah ke kita.


seseorang yang paling bijak di dunia pernah bercerita begini :


Dalam sebuah kerajaan, ada seorang rakyat yang berhutang 100 buah emas kepada kerajaan, kepada raja. karena sudah waktunya, rakyat tersebut ditagih tetapi dia tidak bisa membayar hutangnya karena tidak memiliki cukup emas.


sebagai akibatnya, rakyat tersebut akan dimasukkan ke penjara oleh para tentara. tapi ketika rakyat tersebut bertemu dengan raja, rakyat tersebut memohon dan meminta-minta kepada raja untuk pembebasannya dan kesabarannya, agar dia bisa membayar hutangnya.


ketika raja melihat hal tersebut, hatinya dipenuhi oleh belas kasihan terhadap orang tersebut, sehingga oleh karena tergerak oleh belas kasihan, raja tersebut mengampuni rakyat tersebut dan membebaskannya dari seluruh hutang-hutangnya.


setelah itu, ketika rakyat tersebut keluar dari istana dia melihat temannya yang berhuatng 20 buah emas kepada dia. begitu melihat temannya tersebut, rakyat ini langsung menagih hutangnya, dan karena temannya tidak bisa membayar, rakyat ini langsung memasukkan temannya ke penjara. tetapi orang-orang sekitar melihat perbuatan tersebut dan mengadukannya kepada raja, ketika raja mendengar hal tersebut, maka marahlah raja dan raja memanggil rakyatnya itu dan memasukkan dia ke penjara.


karena bukankah rakyatnya itu telah diampuni? sudah seharusnya rakyatnya juga mengampuni temannya yang berhutang padanya dan membebaskan hutang temannya, sebagaimana rakyat tersebut sudah diampuni raja dan dibebaskan hutangnya.


oleh karena itu, yang mengampuni orang yang bersalah kepada kita, maka Tuhan juga akan mengampuni kita..tetapi jika kita tidak mau mengampuni yang bersalah kepada kita, maka Tuhan juga tidak akan mengampuni kita. Bukankah ini adil?


tidak mungkin kita mengatakan mencintai Tuhan yang tidak kelihatan, tetapi membenci saudara kita yang kelihatan.


jika kita mengatakan kita mencintai Tuhan tetapi membenci saudara kita maka sebenarnya kita adalah seorang pembohong. kita harus mengampuni terlebih dahulu orang yang bersalah kepada kita. jika tidak maka sia-sia saja seluruh ibadah kita kepada Tuhan..


memang tidak mudah untuk mengampuni, tetapi bukan mustahil. jika Tuhan mengampuni kita, maka kita juga harus mengampuni orang lain. memang kita terbatas, oleh karena itu kita perlu meminta kekuatan pada Tuhan untuk bisa melakukannya.


lagipula orang yang menyimpan kebencian di dalam hatinya, dendam, marah, tidak bisa mengampuni, orang tersebut tidak bisa tenang dalam hidupnya.  emosi kita berpengaruh pada tubuh kita. sebenarnya banyak penyakit yang berasal dari emosi kita yang tidak baik.


oleh sebab itu, mari kita mengampuni dan saling memaafkan. akan banyak hal luar biasa yang terjadi ketika kita melakukannya. yang pastinya kita juga diampuni oleh Tuhan, dan karakter kita juga semakin berubah menyerupai Tuhan.

—————————————————————————————————————————————–

 

Masalah Nilai dalam Kehidupan Kita – Apa itu Nilai? Mengapa Nilai Penting dalam Hidup Kita?

 

Ketika beberapa anak kecil di suatu keluarga ditanya apakah dia mau menikah? ada berbagai jawaban yang berbeda-beda dari beberapa anak kecil tersebut. 

yang pertama mungkin berkata tidak mau menikah, karena melihat keluarganya bertengkar setiap hari, dan mengatakan tidak ada yang indah dari pernikahan hanya menderita.. 

yang kedua mungkin berkata mau menikah, asal bersama orang yang benar-benar disukainya 

yang ketiga berkata mau menikah asal bersama orang kaya 

Satu hal yang bisa didapat dan dipertanyakan dari cerita singkat di atas adalah mengapa anak-anak kecil tersebut memiliki jawaban yang berbeda-beda meskipun mereka bersaudara dan tinggal di keluarga yang sama. 

Karena mereka memiliki penilaian yang berbeda-beda terhadap pernikahan. Sebuah Nilai lah yang membuat perbedaan tersebut. semua manusia di dunia ini memiliki nilainya masing-masing, kita  memiliki penilaian tersendiri terhadap sesuatu di dalam hidup ini. 

Nilai ini merupakan suatu hal yang tidak boleh diremehkan, karena kita bergerak bedasarkan apa yang kita nilai. kita akan melakukan sesuatu bedasarkan penilaian kita.

misalnya saja, jika kita menganggap sekolah formal itu tidak penting, pada akhirnya kita tidak akan sekolah, dan jika sekalipun sekolah, kita akan menjalaninya dengan asal-asalan.

contohnya lagi ada yang mengatakan kuliah itu penting, sedangkan bob sadino mengatakan kuliah hanya menambahkan sampah di otak anda. orang yang mengatakan kuliah itu penting dan baik adanya, akan menjalani kuliah dengan baik dan lulus dengan nilai terbaiknya. Sedangkan orang yang menganggap kuliah hanya menambahkan sampah di otak, tidak akan kuliah, atau menjadi mahasiswa abadi.  

yang dipermasalahkan adalah bagaimana kita bisa memberi penilaian yang benar terhadap sesuatu dalam hidup kita? jika kita salah pengertian, salah menilai sesuatu, maka akan ada akibat buruknya juga terhadap hidup kita. 

oleh karena itu, kita perlu mengkalibrasi ulang hati kita. sama seperti suatu timbangan, setelah lama dan banyak dipakai, timbangan tersebut tentu tidak akan mengukur seakurat timbangan yang masih baru, sehingga perlu dikalibrasi ulang.  

sama seperti hati kita, perlu dikalibrasi ulang, sehingga kita bisa menilai sesuatu dengan tepat, dengan pertimbangan baik maupun buruk, dan kita tidak salah langkah dalam hidup kita ini. 

tidak sudah untuk dapat mengkalibrasi ulang hati kita, dan dalam memberi penilaian dalam hidup ini. bisa dengan bertanya orang yang lebih bijak dari kita, mendengar dari pengalaman orang lain, dan paling baik tentunya dengan berdoa bertanya kepada Tuhan kita.. 

 ——————————————————————————————————————-

Visi, mengapa kita memerlukan mimpi/impian dalam hidup ini?

 

Mimpi atau impian merupakan salah satu unsur penting dalam hidup kita. kita datang ke dunia ini tentu memiliki suatu tujuan. jika tidak ada, untuk apa kita hidup bukan??


seandainya kita tidak memiliki impian atau planning/perencanaan dalam hidup kita maka sebenarnya kita sudah merencanakan untuk gagal.


orang yang tidak memiliki impian atau mimpi sama saja dengan orang yang tidak memiliki arah hidup.


orang tersebut sama seperti sebuah kapal di tengah laut yang tidak ada tujuan atau dermaga akhirnya. atau sama seperti seorang pelari yang berlari, tetapi tidak memiliki garis finishnya, ujung-ujungnya pelari tersebut akan capek sendiri, dan pingsan karena kecapean atau bisa juga kakinya terkilir. tidak ada bedanya dengan tersesat di tengah hutan dan pada akhirnya berjalan mutar-mutar di padang gurun. oleh karena itu, jika anda belum memiliki mimpi, carila impian anda sekarang juga.


apa yang akan kita rancangkan, selama tidak bertentangan dengan Tuhan pasti akan terlaksana.


pertama, mimpi merupakan sesuatu besar yang akan kita capai. mimpi lebih besar dari hal-hal kecil kita. misalnya anda memiliki impian untuk lulus kuliah dengan ipk 4.00 , tidak salah sebenarnya jika memiliki mimpi tersebut, tapi mimpi lebih besar dari hal-hal seperti hal tersebut. karena anda tinggal menjalani saja kuliah dengan baik, maka untuk menjadi seorang yang summa cumlaude bukan merupakan hal yang susah. Anda perlu impian yang lebih besar, yang membuat anda tertantang untuk melakukannya.


kedua, mimpi tidak akan terjadi jika anda dan saya tidak berani melangkah. mimpi butuh tindakan nyata, bukan hanya mengkhayal, berimajinasi, berkata-kata saja, kita butuh tindakan nyata. jangan bilang tidak bisa dulu, karena ketika kita mengatakan tidak bisa, maka sebenarnya kita sudah menutup pintu masa depan kita sendiri. harus berani melangkah, dan kita perlu mengeluarkan kata “tidak bisa” dari kamus kita. jika kita berani mencoba, maka kita memiliki kemungkinan 50% untuk berhasil, tetapi jika kita tidak berani mencoba, kemungkinan kita untuk berhasil hanya 0%



ketiga, mimpi butuh kerja keras dan ketekunan untuk mewujudkannya. anda pernah tau tentang minuman first up?? sebuah perusahaan pernah menciptakan minuman tersebut, dan hasilnya tidak laku. kemudian dibuat lagi second up, dan tetap tidak laku. kemudian dibuat lagi third up, dan tetap tidak laku, begitu seterusnya sampai six up, dan masih tidak laku, dan akhirnya perusahaan tersebut menyerah.


tapi beberapa tahun kemudian, ada sebuah perusahaan lain yang menciptakan minuman seven up. dan hasilnya? ternyata sangat booming sekali di Indonesia.  yang bisa kita pelajari adalah, kita memerlukan ketekunan, padahal perusahaan sebelumnya sudah sangat dekat dengan impiannya, hanya tinggal selangkah lagi untuk mewujudkannya. Tidak ada yang namanya keberuntungan, tapi kita bisa menciptakan keberuntungan dari ketekukan kita sendiri.

 

Baca juga : Cara pacaran sekali seumur hidup!

—————————————————————————————————————————————–

Penyebab kita menjadi sombong dan cara mengatasinya

 

Di sebuah kerajaan ada seorang panglima tentara kerajaan yang sangat luar biasa, begitu kuat, begitu gagah, begitu perkasa. panglima ini terkenal karena kelihaiannya dalam memanah. beliau sangat pandai memanah. panglima ini sangat pandai dalam memanah sambil berkuda, tidak ada sasaran yang pernah meleset dari panahnya.


suatu hari, panglima tentara tersebut mengadakan pertunjukan untuk menunjukkan kemampuannya, beliau memanah sambil berkuda dengan mata tertutup. seperti luar biasanya, tidak ada papan sasaran yang tidak terkena panahnya. seluruh rakyat bersorak melihat pertunjukan tersebut. namun tiba-tiba ada seorang kakek tua yang mendekati panglima tersebut dan mengatakan bahwa memanah seperti itu mudah.


jelas saja begitu mendengar apa yang dikatakan kakek tersebut, panglima ini langsung marah besar dan menantang kakek tua ini untuk melakukannya. kakek tersebut dengan santai saja, dia mengambil sebuah koin dengan ada bolongan kotak di tengah koin tersebut, kemudian kakek tua ini menuangkan minyak melewati lubang tersebut tanpa terkena sisi koin itu sedikitpun.


tentu saja panglima ini heran dan kaget melihat yang dilakukan kakek tua ini, kemudian kakek ini menantang kembali panglima ini untuk melakukan hal tersebut yaitu menuang minyak melewati lubang yang di tengah koin. akhirnya panglima tersebut hanya mengatakan, “saya mengerti”


Bagaimana saudara? apa anda mengerti maksud cerita di atas?


kita semua memiliki kemampuan kita masing-masing, tidak ada satu yang lebih hebat, satu yang lebih rendah. kita semua sama dengan tujuan saling melengkapi.


mana yang lebih hebat? ikan yang berenang di laut atau burung yang terbang di udara. tidak ada yang lebih hebat. masing-masing memiliki bagiannya masing-masing. tidak ada yang mengatakan ikan lebih hebat dari burung karena dia bisa berenang dan begitu juga sebaliknya.


begitu juga dengan kita, tidak ada yang lebih hebat dari yang lainnya. tidak ada orang yang lebih mulia daripada orang lainnya. seorang pengusaha tidak lebih hebat daripada seorang karyawan, seorang presiden tidak lebih hebat dari seorang guru, seorang gubernur tidak lebih hebat daripada seorang ibu rumah tangga.


sebenarnya tidak ada yang bisa kita banggakan sebab kita semua sama hanya bagiannya dan tugasnya saja yang berbeda. sama seperti tangan tidak bisa mengatakan kaki tidak berguna. karena tubuh tanpa kaki pasti akan terganggu, begitu juga tubuh tanpa tangan, pasti akan terganggu.


kita semua unik, memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda. tapi ada satu hal yang kita perlukan, yaitu hati yang rendah hati. karena rendah hati mendahului kehormatan. dengan rendah hati kita menerima dan menghargai satu dengan yang lain. tanpa rendah hati, berarti kita sombong. dan orang yang sombong/tinggi hati sama seperti orang yang di atas gunung memandang orang lain kecil, sementara dia sendiri tidak sadar jika orang lain juga memandang dia kecil..lagipula siapa yang menyukai orang yang sombong dan tinggi hati?? saya dan anda pun tidak, bukan?

 

Baca juga : Langkah memilih jurusan SMA sampai Kuliah Lengkap!

—————————————————————————————————————————————–

Mengapa kita harus membaca buku? Temukan Manfaat-Manfaat Dahsyat dari Membaca Buku !!

 

membaca buku sering kali merupakan kegiatan yang membosankan. kita lebih menyukai membaca buku komik, karena selain memang menghibur, salah satu faktor yang membuat komik lebih enak dibaca adalah ada gambarnya. tentu kita lebih menyukai bacaan yang bergambar dari pada yang isinya tulisan semua.


yang isinya tulisan semua, sama seperti obat ngantuk, baru baca sedikit saja sudah ngantuk. dan belum tentu bacaan tersebut menghibur seperti komik, manga. tapi tanpa anda sadari, ada banyak manfaat yang luar biasa dari membaca buku, dan oleh karena itulah, anda perlu mencoba membaca buku, mari kita lihat dari mengapa kita harus membaca buku. .


sudah banyak orang orang sukses di dunia ini mengatakan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan membaca buku. banyak orang-orang pintar, cerdas di dunia ini, memiliki satu hobi yang sama , yaitu membaca buku.  contohnya saja dahlan iskan, ki hajar dewantara, mereka semua membaca buku. bukannya kita juga sudah sering mendengar sejak kecil, kalau membaca buku itu jendela dunia ??


membaca buku itu sama dengan menghemat umur anda, coba anda bayangkan, sebuah buku yang ditulis oleh seseorang yang telah berpengalaman di bidang tersebut selama 40 tahun, jika anda membaca bukunya, anda bisa mendapatkan apa yang orang tersebut pelajari selama 40 tahun, ini jelas menghemat umur anda, anda akan mendapat hikmat dan pengetahuan yang dimiliki orang tersebut.


bayangkan jika anda membaca 100 buah buku dengan masing masing orang yang membuat buku tersebut sudah berpengalaman selama 10 tahunan. ketika anda selesai membacanya, anda memiliki pengalaman 1000 tahun dari buku-buku yang anda baca dan pelajari.. ini sangat menghemat umur kita bukan??


membaca buku juga sama dengan menginvestasi pengetahuan kita, investasi pengetahuan.,.jika ada banyak orang yang investasi saham, emas dan sebagainya, anda bisa mengisi waktu dengan investasi pengetahuan.. caranya bagaimana? simpel. yaitu dengan membaca buku.


kemudian, jika anda orang yang pernah mengikuti training, seminar, worshop, mentoring itu semua memerlukan biaya yang tidak murah, jarang sekali ada training yang bagus tapi murah apalagi gratis. tapi kabar baiknya, baca buku itu murah. anda bisa mendapat banyak kepintaran, hikmat, pengetahuan, hanya dengan membaca buku, dan enaknya buku itu murah.


tapi bagaimana jika saya tidak menyukai buku yang isinya tulisan semua??  anda bisa memulai dari membaca buku yang anda sukai. coba mulai dari membaca buku yang merupakan hobi anda. anda juga bisa mencoba membaca buku biografi, karena buku-buku biografi banyak memberi inspirasi dan motivasi terhadap kita.


cari buku yang menurut anda menarik, dan ketika anda selesai membacanya, anda tinggal mengulangi hal tersebut, sampai tanpa sadar, membaca buku menjadi kebiasaan anda dan bahkan karakter anda..


dengan membaca buku juga anda akan mendapat banyak pengetahuan yang tidak anda dapatkan di sekolah. dan anda juga bisa mencoba menguji diri anda sendiri, coba lihat diri anda sendiri dan lihat perubahan pada anda, sebelum dan sesudah membaca buku


kata kata bijak kehidupan yang bisa anda pelajari dari artikel ini :


1. Lebih baik seorang muda miskin tetapi berhikmat dari pada seorang raja tua tetapi bodoh, yang tidak mau diberi peringatan lagi.


2. Belilah kebenaran dan jangan menjualnya; demikian juga dengan hikmat, didikan dan pengertian.

 ——————————————————————————————————————-

 

Mengapa orang yang curang atau tidak bertuhan kelihatan lebih sukses daripada kita?

 

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering melihat teman-teman kita, orang lain, malah saudara kita sendiri yang berlaku tidak adil atau curang dalam hidupnya.

tetapi seringkali kita malah merasa iri terhadap mereka, karena meski hidup mereka curang, kelihatannya hidup mereka memang lebih berhasil dari pada kita, lebih sukses daripada kita. 

sedangkan kita sendiri, yang rasanya hidup dengan baik, dengan benar, malah kalah dengan mereka yang hidupnya buruk, jahat dan sebagainya. 

salah satu permasalahan yang sering kita temui adalah, ketika kita melihat teman-teman kita, orang lain yang rasanya hidupnya hancur-hancuran, buruk, jahat, tetapi memiliki banyak uang dan tetap sejahtera. kita sering iri melihat hal tersebut, sedangkan orang yang baik, hidupnya benar, malah tidak memiliki uang sebanyak mereka.

pertanyaannya, mengapa hal tersebut bisa terjadi? mari kita lihat satu per satu alasannya

pertama, tentu kita harus menginstropeksi diri sendiri. melihat diri sendiri dulu, apa kita sudah hidup dengan baik dan benar, dan jangan sampai ternyata hidup kita juga tidak benar dan tanpa sadar kita juga berlaku curang dalam hidup kita. 

kedua, sebenarnya jika anda sudah menginstropeksi diri sendiri, dan memang diri anda sudah benar, anda hidup di jalan yang benar dan baik, tidak berlaku jahat, curang, dan aneh-aneh dan sebagainya, 

maka sebenarnya anda tidak perlu iri dan cemburu terhadap mereka, karena sesungguhnya hidup anda sudah lebih beruntung dari mereka. justru hidup mereka yang sebenarnya dalam bahaya..

kita harus memiliki pandangan yang benar dalam hidup ini. yang paling utama adalah kita tidak bisa menilai kesejahteraan seseorang bedasarkan uang, uang tidak bisa dijadikan standar kesuksesan kehidupan seseorang..


yang paling penting di sini adalah ketika kita hidup dalam tuntunan Tuhan, maka hidup kita sebenarnya sudah lebih baik dari orang-orang tersebut. mengapa? karena Tuhan ingin membangun dasar dalam hidup anda. memang rasanya anda tidak memiliki uang sebanyak mereka, tapi anda memiliki sesuatu yang lebih berharga daripada uang, yaitu karakter.


orang yang hidup nya kaya tapi tidak bertuhankan yang benar, itu sama seperti orang yang membangun dasar rumah di atas pasir, dan ketika badai datang, atau masalah datang, maka orang tersebut akan hancur seketika.


berbeda dengan orang yang kurang mampu, tetapi hidup dalam Tuhan yang benar, dia sama seperti orang yang membangun dasar rumah di atas batu, ketika badai datang, orang tersebut akan tetap berdiri teguh.


bukannya ini luar biasa? ketika kita mengikut Tuhan yang benar dan hidup di dalamnya, kita diberi sesuatu hal yang sifatnya kekal atau selama-lamanya, bukan hanya uang yang sifatnya sementara.. 

kata kata bijak kehidupan yang bisa diambil : bangunlah hidup anda dalam dasar yang benar, dan jangan melihat yang kelihatan, karena yang kelihatan itu sifatnya sementara, sedangkan yang tidak kelihatan itu sifatnya kekal. 

 

Baca juga : Untuk apa saya hidup?

—————————————————————————————————————————————–

 

Apa saja penghalang impian kita? Apa saja penyebab kegagalan mimpi kita?

 

Siapa yang tidak memiliki mimpi atau impian dalam hidupnya? jelas kita semua memiliki impian kita masing-masing.

sayangnya dalam proses untuk mencapai impian kita, banyak hal yang bisa menghalangi kita untuk mencapai impian kita. dan dalam banyak kali, tanpa sadar kita tidak tahu apa yang menghalangi kita, membuat kita mundur, menjatuhkan kita ketika kita ingin mencapai mimpi kita. 

seringkali kita menyalahkan keadaan, orang lain, karena terhambatnya impian kita tersebut, padahal kita tidak tau apa yang menyebabkan gagalnya cita-cita kita. untuk itu, kita perlu membuat hal di sekeliling kita menjadi jelas, sebenarnya yang perlu kita lakukan adalah berhati-hati terhadap pencuri impian. oke mari kita simak cerita berikut : 

ada sekumpulan kodok yang berjalan bersama. tapi karena ada lubang beberapa dari kodok tersebut jatuh ke lubang. lubang tersebut ternyata merupakan kolam susu. kodok yang sudah masuk ke lubang tersebut berusaha untuk keluar dengan terus melompat-lompat. sedangkan kodok-kodok yang ada di atas, bukannya membantu malah mengejek, kalau mereka tidak akan pernah keluar dari tempat tersebut. 

beberapa saat berlalu, beberapa kodok sudah menyerah, dan banyak yang mati. tapi ada satu kodok yang terus melompat dan mencoba untuk keluar. kodok tersebut tidak menyerah dan terus mencoba. 

Hasilnya? Hup, kodok tersebut melompat keluar dan sampai di atas. bagaimana bisa? ternyata susu yang terkocok sewaktu kodok tersebut melompat berubah menjadi mentega. susu yang terus dikocok akhirnya menjadi mentega. dan karena kodok tersebut terus mencoba dan tidak memperdulikan omongan orang lain, kodok tersebut berhasil keluar. 

dari cerita di atas bisa kita ketahui bahwa pencuri impian adalah omongan dari orang lain. 

mungkin sahabat anda, teman anda, bahkan keluarga anda. anda harus menutup telinga anda dari omongan mereka, ocehan mereka, ejekan mereka. mungkin mereka akan meremehkan anda, tapi anda tidak perlu untuk mendengarkan mereka, seperti kodok tadi, jangan sampai impian anda gagal gara-gara omongan orang lain. 

anda yang harus membuktikan. dan yang lebih penting lagi anda harus menutup telinga anda dari suara anda sendiri. bisa saja suara hati anda yang menjadi pencuri impian anda..

kata bijak kehidupan yang bisa dipelajari dari cerita ini : apapun yang kita katakan dan lakukan, orang lain akan menemukan sesuatu untuk mencela kita, begitu juga dengan suara hati kita sendiri. kita tidak perlu untuk mendengarkan suara-suara tersebut, yang perlu kita dengar adalah perkataan Tuhan terhadap kita.

—————————————————————————————————————————————–

 

 Apa Tuhan itu ada? Jika ada,Mengapa dunia ini penuh kejahatan? Mengapa Tuhan membiarkan terjadinya kejahatan?

 

Kita sering bingung ketika melihat dunia ini. Penuh ketidakadilan. Baik melalui media maupun kehidupan kita sehari-hari. Terjadi berbagai kejahatan di mana-mana, seperti Tuhan yang mengizinkan atau malah membuat terjadinya kejahatan


Seharusnya jika Tuhan itu ada, dan tentunya Tuhan itu Maha Kuasa, pastinya Tuhan bisa menggagalkan terjadinya kejahatan. Apa Tuhan yang membiarkannya?


Dalam kehidupan nyata kita, malah keadaannya begitu terbalik, orang yang baik dijahati, anak seorang pejabat yang melakukan kriminal dibebaskan dengan begitu mudah, sangat tidak adil. 


Bagaimana kebenarannya? Pertama, kita harus mengetahui Tuhan itu memang Maha Kuasa terhadap seluruh ciptaanNya. Tetapi dengan KemahakuasaanNya, ada kehendak Tuhan yang tidak bisa mengintervensi kehendak bebas manusia. Bukan Tuhan yang tidak bisa, tetapi Tuhan menciptakan manusia itu memiliki kehendak bebas, jadi Tuhan tidak menciptakan robot. 


Jika saja Tuhan menciptakan manusia seperti robot, berarti hidup kita ini sebenarnya menyedihkan sekali, semuanya sudah diprogram oleh Tuhan, dan jika itu benar, ini sama saja mengatakan Tuhan itu jahat, karena memprogramkan kejahatan. 


Lagipula, tidak ada gunanya jika Tuhan menciptakan robot yang kemudian diprogram untuk menyembahNya 3x sehari. Betapa senangNya Tuhan, ketika makhluk ciptaanNya dengan kesadarannya sendiri mau menyembahNya. 


Dengan kehendak bebas yang Tuhan berikan, berarti Tuhan juga menuntut pertanggung jawaban manusia. Sebenarnya Tuhan sudah memberikan peraturan-peraturan, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan berbohong, dan sebagainya. 


Dan kita tentu mengetahui hal tersebut, jika saja manusia yang melakukan kejahatan tersebut dengan keinginannya sendiri, berarti manusia tersebut yang salah, karena melanggar Firman Tuhan. Bukan salah Tuhan..


Bukannya orang gila yang melakukan pencurian tidak bisa dituntut masuk penjara? atau dituntut tanggung jawabnya? Mengapa? Tentu karena orang gila tidak memiliki kesadaran diri. 


Lalu bagaimana dengan hidup ini yang penuh ketidakadilan? Kelihatannya seperti orang baik menderita, orang jahat yang berbahagia. Jelas hal tersebut bisa saja terjadi, malah sering, tapi kita harus melihat hasil akhir dari hidup orang tersebut, segala hal yang kita lakukan pasti ada konsekuensinya, setiap dosa pasti ada akibatnya. petani yang menabur benih padi, tentu akan menuai padi juga. Begitu juga dengan apa yang kita perbuat, apa yang kita tabur, pasti akan kita tuai. 

 

Apa yang sudah Anda pelajari hari ini? silahkan di share jika bermanfaat

Follow Us On Social Media :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *