Tips Kehidupan Super Lengkap yang Wajib Anda Ketahui #1

cara hidup bahagia, hidup sederhana, kunci kebahagiaan, bersyukur atas hidup

Cerita Pengertian Pandangan Hidup

kadang kita merasa tidak puas dengan hidup kita
sedangkan banyak orang di dunia ini yang memimpikan hidup seperti kita

anak-anak kecil di perkebunan melihat pesawat terbang melewati mereka dan mereka juga menginginkan itu
tapi
pilot di pesawat melihat rumah di perkebunan dan menginginkan pulang ke rumah

Itulah Hidup
jika kekayaan adalah rahasia untuk kebahagiaan,
maka seharusnya orang kaya yang menari-nari di jalan
tapi hanya anak-anak yang kurang mampu melakukan hal tersebut

jika kekuasaan menjamin keamanan
seharusnya orang-orang yang ‘VIP’ berjalan tanpa bodyguard

tapi orang yang hidup sederhana, tidur nyenyak

jika kecantikan dan popularitas membawa hubungan  yang ideal,
seharusnya para artis memiliki pernikahan yang terbaik

hidup sederhana,
berjalan dengan rendah hati
dan saling mencintai

bagaimana saudara? apa yang anda dapatkan dari cerita singkat tentang pandangan terhadap kehidupan di atas? berikut ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dan ambil dari cerita tersebut:

 

1. mengucap syukur dalam segala hal

kenapa mengucap syukur? karena dengan mengucap syukur, berarti kita puas dengan apa yang ada di hidup kita sekarang. kita tidak menjadi orang yang rakus harta dan kekayaan. kita jadi bisa belajar mencukupkan diri dengan segala hal. orang-orang yang memiliki hasrat punya uang yang tinggi, hidupnya sendiri malah tidak tenang. bukannya banyak yang begitu kan?

dengan puas apa yang ada pada kita sekarang, berarti juga kita berterima kasih kepada Tuhan. toh, ternyata malah banyak orang yang menginginkan hidup seperti kita, ketika kita memimpikan hidup seperti orang lain. apa yang diberikan Tuhan hari ini pastinya yang terbaik, karena tidak Sang Pencipta Alam Semesta tidak menjaga anak ciptaannya sendiri

 

2. kunci kebahagiaan bukanlah kekayaan atau banyak uang

banyak orang saat ini memimpikan memiliki banyak uang, dan dengan begitu hidup mereka akan bahagia. tidak pusing nanti mau makan apa, segalanya cukup, bisa jalan-jalan terus, punya banyak aset, rumah, kendaraan. padahal semua kekayaan tersebut bukanlah cara untuk bahagia. banyak pengusaha, orang-orang kaya yang malah tidak bisa tenang hidupnya, tidur saja tidak nyenyak, gelisah setiap hari, kuatir terus, sering stress, atau malah mau ketemu keluarganya saja tidak ada waktu

bandingkan dengan orang yang sederhana hidupnya, mereka bisa dibilang hidupnya lebih bahagia, tidur nyenyak, tidak memiliki rasa kuatir, tidak stress. hal ini memberi tahu kita jelas memiliki banyak uang, bukanlah kunci kebahagiaan.

Bahagia itu Pilihan

mau hidup bahagia atau tidak, itu adalah pilihan kita. tidak peduli dengan keadaan kita sekarang kita ini, mau bahagia atau tidak itu pilihan hati kita. kenapa harus sedih, kuatir, pusing dan sebagainya? bukannya seharusnya Tuhan menjanjikan kehidupan yang penuh harapan?

Baca juga : Untuk Apa Saya Hidup?

——————————————————————————————

Alasan Kenapa Tujuan Hidup Bukan Uang

 

Baik dari zaman dulu sampai sekarang, banyak yang menjadikan uang sebagai tujuan utamanya, sebagai prioritas utama hidupnya, uang adalah segala-galanya. uang memang penting dalam hidup kita dan pasti dibutuhkan, tetapi belum tentu menjadi tujuan utama kita.

kita sangat perlu berhati-hati dalam menentukan tujuan utama hidup, karena jika uang menjadi tujuan utama kita, maka hidup kita menjadi sia-sia sekali. apa gunanya kita memperoleh 5 miliar hari ini, tetapi malamnya jatuh terpeleset di kamar mandi dan mati karena kepala pecah. sia-sia bukan? 

nah, mari kita bahas lebih lanjut, berikut alasan kenapa tujuan hidup kita bukan uang : 

Alasan klasik : uang tidak dibawa mati

tentu hal ini sudah sering kita dengar. semua manusia di dunia ini sebenarnya sama. mau kaya atau tidak, mau punya posisi atau tidak, mau sukses atau tidak, mau baik atau jahat, ujung-ujungnya juga semua akan mati. 

jadi apa yang akan kita bawa ketika mati? jelas bukan harta, bukan uang, bukan kekuasaan, bukan popularitas dan sebagainya, tapi apa yang sudah kita lakukan di dunia. apakah kita sudah melakukan yang harus kita lakukan di dunia ini. 

Tuhan menciptakan kita di dunia ini, pasti ada suatu tujuan. jika tidak untuk apa bumi, manusia ini diciptakan. pasti ada suatu rencana, ada suatu visi/misi, ada tujuannya. dan untuk mengetahui apa kehendak Tuhan dalam hidup kita, tentu kita perlu bersekutu dengan Tuhan kita.

ketika kita mati, semuanya sama kan. kuburannya sama,. atau mungkin dikremasi. jadi apa kita tidak boleh kaya? jelas boleh. kita semua boleh memiliki banyak uang/kaya raya. tapi untuk apa? apa tujuan anda menjadi kaya? untuk  makan makanan enak sepuasnya? memiliki banyak barang mahal? jalan-jalan ke luar negeri terus? 

jika itu tujuan hidup kita, akan sangat tidak berguna sekali kita menjadi kaya. seharusnya dengan kekayaan itu kita menggunakan uang demi kepentingan orang lain. itu baru berguna. jika untuk kita dihabiskan sendiri itu sangat sia-sia. tentunya kita gunakan untuk kepentingan Tuhan, apa yang Tuhan mau perbuat dengan uang yang kita miliki. 

kita perlu berhati-hati dengan banyak motivator juga di zaman ini, berbagai seminar tentang kesuksesan, motivasi, financial revolution, tentang keuangan, passive income, financial freedom/kebebasan finansial. bukannya  tidak boleh, tapi semua seminar tersebut belum tentu benar. 

karena jika anda mengikuti apa yang diajarkan oleh multi level marketing, motivator-motivator tersebut, tujuan hidup anda jelas adalah uang. segala bentuk kesuksesan dinilai dari berapa banyak harta dan uang yang kita miliki. berapa banyak properti yang kita miliki, berapa banyak aset, barang mahal, mobil, gagdet yang kita miliki. banyak orang yang hangus oleh uang akibat dari pengajaran seperti ini. 

karena di mana harta kita berada, disitu hati kita berada. jika harta kita ada di uang, maka hati kita juga di uang. sehingga semua yang kita lakukan demi uang. dari hati ke pikiran dan dari pikiran ke perbuatan. hati > pikiran > perbuatan. semua dimulai dari hati kita. jika hati kita jahat, perbuatan kita juga jahat. 

saya pernah punya teman yang suka sekali dengan motor, bahkan dipegang orang lain pun tidak boleh, karena takut lecet, tempat parkir pun cari yang terbaik sekali, agar tidak kena senggol motor lain. dimodif sana, modif sini, habis berjuta-juta, ujung-ujung dijual juga dan beli ninja. kenapa bisa sampai sebegitunya dengan motor? karena hatinya ada di motor. jadi. kita perlu menjaga hati kita dengan segala kewaspadaan, karena dari sanalah terpancar kehidupan.

Kata kata bijak yang bisa dipelajari dari artikel mengapa prioritas hidup kita bukan uang :  

” Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka “

—————————————————————————————————————————————–

Cara Sederhana agar Hidup Lebih Bahagia

 

siapa yang tidak mau hidupnya bahagia? tentu, tanpa ditanya lagi, kita semua mau hidup yang bahagia. sayangnya, seringkali keadaan sama sekali mendukung, sudah berusaha bahagia tapi tetap saja keadaan bertolak belakang.


jadi apa yang sebenarnya harus kita lakukan? mungkin kita sudah mencoba mengucap syukur dalam segala hal, terus mencoba bersemangat..tapi tetap saja tidak bahagia. yuk kita coba simak beberapa cara berikut :

1. Happiness is not something ready made. it comes from your own actions / kebahagiaan bukan sesuatu yang sudah ada. kebahagiaan datang dari aksi kita sendiri. – dalai lama

pertama, kita harus tau prinsip tentang kebahagiaan atau bisa dibilang teori dasarnya. kebahagiaan bukanlah sesuatu yang sudah kita miliki. tetapi kita mau bahagia atau tidak, itu adalah pilihan kita. itu adalah sikap kita. sikap kita, karakter kita yang menentukan, dalam suatu masalah, dalam suatu keadaan yang sama-sekali tidak enak, kita bisa memilih mau bahagia atau tidak. mau bersuka cita atau tidak.


karena bahagia itu adalah pilihan. mau sakit hati itu adalah pilihan kita. bersuka-citalah senantiasa. kenapa bersuka cita? ambil positifnya saja, Tuhan pasti menjanjikan masa depan yang penuh harapan. jadi kesimpulannya, ketika mengalami suatu masalah, pilihan kita mau tersenyum bahagia atau menyimpan rasa sakit.


Happiness depends upon ourselves – aristotle / kebahagiaan bergantung dari diri kita sendiri

Happiness is an expression of soul in considered actions – aristotle / kebahagiaan adalah eskpresi dari jiwa kita mempertimbangkan aksi kita.

2. Belajarlah menjaga hati.

kenapa menjaga hati? karena hati kita bisa dibilang merupakan sumber kehidupan kita. apa yang akan kita lakukan, mau perbuatan baik atau jahat, semua bermula dari hati. hati yang jahat menimbulkan pikiran yang jahat, dan dari pikiran menimbulkan perbuatan yang jahat. hati > pikiran > perbuatan. 


dan ternyata dari penelitian emosi yang tidak baik, emosi yang jahat, hati yang jahat, hidupnya tidak akan pernah bahagia. orang yang memiliki dendam, kepahitan pasti hidupnya tidak tenang. hal ini dibuktikan dari penelitian dr. masaru emoto, pikiran yang negatif bisa menimbulkan sakit fisik :


80% org sakit bukan karena fisiknya tapi karena EMOSI nya.


“PIKIRAN NEGATIF TERNYATA TIDAK BAIK BAGI KESEHATAN”


1. MARAH selama 5 menit akan menyebabkan sistem imun tubuh kita mengalami depresi selama 6 jam.


2. DENDAM & MENYIMPAN KEPAHITAN akan menyebabkan imun tubuh kita mati.. Dari situlah bermula segala penyakit, spt STRESS, KOLESTEROL, HIPERTENSI, SERANGAN JANTUNG, RHEMATIK, ARTHRITIS, STROKE (perdarahan / penyumbatan pembuluh darah).


3. Jika kita sering membiarkan diri kita STRESS, maka kita sering mengalami GANGGUAN PENCERNAAN..


4. Jika kita sering merasa KHAWATIR, maka kita mudah terkena penyakit NYERI PUNGGUNG.


5. Jika kita MUDAH TERSINGGUNG, maka kita akan cenderung terkena penyakit INSOMNIA (susah tidur).


6. Jika kita sering mengalami KEBINGUNGAN, maka. kita akan terkena GANGGUAN TULANG BELAKANG BAGIAN BAWAH.


7. Jika kita sering membiarkan diri kita merasa TAKUT yg BERLEBIHAN, maka kita akan mudah terkena penyakit GINJAL.


8. Jika kita suka ber-NEGATIVE THINKING, maka kita akan mudah terkena DYSPEPSIA (penyakit sulit mencerna).


9. Jika kita mudah EMOSI & cenderung PEMARAH, maka kita bisa rentan terhadap penyakit HEPATITIS.


10. Jika kita sering merasa APATIS (tdk pernah peduli) terhadap lingkungan, maka kita akan berpotensi mengalami PENURUNAN KEKEBALAN TUBUH.


11. Jika kita sering MENGANGGAP SEPELE semua persoalan, maka hal ini bisa mengakibatkan penyakit DIABETES..


12. Jika kita sering merasa KESEPIAN, maka kita bisa terkena penyakit DEMENSIA SENELIS (berkurangnya memori dan kontrol fungsi tubuh).


13. Jika kita sering BERSEDIH & merasa selalu RENDAH DIRI, maka kita bisa terkena penyakit LEUKEMIA (kanker darah putih)


Sumber : Buku “The Healing & Discovering the Power of the Water”. (by : Dr. Masaru Emoto)


Happiness doesn’t depend on any external conditions, it is governed by our mental attitude – dale carnegie / kebahagiaan tidak bergantung pada kondisi luar, itu diatur oleh sikap mental kita


3. Mengampuni yang bersalah kepada kita


4. Cara agar bisa bangun pagi dan tidak telat. survey membuktikan orang yang bangun pagi memiliki indeks kebahagiaan 10% lebih tinggi dibandingkan yang bangun pada siang hari, juga bangun pagi merupakan kebiasaan-kebiasaan orang-orang sukses di seluruh dunia,


Kata kata bijak kehidupan yang bisa dipelajari dari artikel tips agar hidup lebih bahagia adalah :


1.  “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang”


2.  “Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri demikianlah ia”

Baca juga : Sedang cari jodoh? temukan jawaban yang tepat di sini

—————————————————————————————————————————————–

5 Tips Mudah Bangun Pagi yang Pasti Berhasil

 

Bangun pagi merupakan masalah bagi kebanyakan orang. banyak yang gagal dalam hal ini, memang tidak mudah merubah kebiasaan apalagi jika sudah menjadi karakter. 


Kebiasaanya bangun siang, dan selalu telat. tapi tidak ada yang terlalu telat untuk diubah, dan tidak ada sifat buruk yang tidak dapat diubah. berikut saya berikan beberapa tips simpel bangun pagi :


1. disiplinkan waktu tidur anda


kebiasaan tidur malam dan terlalu larut jelas membuat kita menjadi susah bangun pagi, bawaannya pun ngantuk. kadang kalau tidur sudah terlalu lelap karena capek, alarm mau dipasang berapapun anda tidak akan dengar, atau dipanggil siapapun tidak akan ada pengaruhnya untuk anda. orang dewasa idealnya memerlukan tidur 7-8 jam.


usahakan tidur jam 10 atau paling larut 11 malam. bangunnya pukul 5 atau 6 pagi. bukannya bangun pagi itu baik untuk kita? apa gunanya bangun telat, toh nantinya kita tidur lagi. dan juga banyak efek buruk tidur larut atau begadang. dan dengan bangun pagi juga kita meniru gaya hidup orang sukses. orang-orang sukses selalu bangun pagi bukan?


2. gunakan kemampuan psikologi kita


apa maksudnya kemampuan psikologi kita? jadi hal ini sudah diteliti oleh para ilmuwan. orang-orang sebelum tidur, memikirkan besok harus bangun pagi, bangun jam 5 , bangun jam 5. hasilnya? mereka besoknya secara otomatis bangun jam 5 pagi, tanpa dibantu alarm.


3. bayangkan ada sesuatu spesial yang akan terjadi besok


sebelum tidur anda boleh berpikir positif saja, sesuatu hal yang luar biasa akan terjadi besok, sesuatu yang besar akan terjadi besok. dengan begitu anda akan bangun dengan lebih semangat dan pastinya juga lebih fresh. misalnya jika kita tau besok kita akan mendapatkan 5 milyar, bukannya kita akan semangat sekali menuju hari besok?


4. gunakan alarm yang baik


dalam memilih alarm, carilah alarm yang cocok untuk anda. kurang disarankan menggunakan hp. karena bisa saja baterai habis malam-malam, hp ke restart sendiri dan sebagainya. dan jangan menggunakan alarm yang suaranya tidak kencang. tarulah alarm agak jauh dari ranjang anda, dengan begitu anda akan terpaksa bangun untuk mematikan alarm. 


jangan menggunakan alarm yang aneh-aneh, karena ada alarm yang menggunakan sensor gerakan. jadi ketika alarm tersebut bunyi, anda hanya perlu melambaikan tangan dan alarm tersebut akan mati. jelas anda tidak akan bangun jika menggunakan alarm seperti ini.


5. paksakan tubuh anda


begitu anda sudah bangun pagi, paksakan diri anda bangun, langsung cuci muka. karena jika anda baring-baring lagi, dan bilang 5 menit lagi, anda hanya menipu diri anda sendiri. anda perlu untuk melatih tubuh anda sendiri, mengalahkan tubuh anda sendiri.


berat memang melakukan semua itu. tidak gampang mengalahkan rasa ngantuk. tapi tidak ada yang tidak mungkin juga. ketika anda sudah bisa bangun pagi sekitar 40 kali saja, itu sudah menjadi kebiasaan anda, dan akhirnya menjadi karakter anda. tanpa alarm dan dibangunkan siapa-siapa pun anda bisa bangun pagi sendiri secara otomatis, karena jam tubuh anda sudah teratur. 


kita semua memiliki jam tubuh. kita perlu membuat jam tubuh kita normal.  anda tau kenapa nenek-nenek, kakek-kakek, orang-orang zaman dulu, bangunnya pagi semua secara teratur? karena jam tubuh mereka teratur. itu sudah menjadi karakter mereka.  dan ketika mau tidur, lebih baik jangan main gadget, hp atau apapun dan jangan lupa mematikan lampu. tidur dengan lampu menyala memiliki efek yang tidak baik juga bagi tubuh anda.

Baca juga : Langkah memilih jurusan SMA sampai Kuliah yang pasti tepat

—————————————————————————————————————————————–

 

Memberi atau Diberi?

 

Dalam kehidupan kita, tentu tidak akan lepas dari yang namanya memberi dan diberi. Mengapa kita harus memberi? Ternyata Setiap hari, tanpa sadar kita sudah memberikan sesuatu pada orang lain dan mendapat sesuatu juga dari orang lain.


Memberi bukan hanya membicarakan tentang menyumbang uang kepada orang yang miskin, tetapi memberi adalah masalah hati kita.

Memberi bisa diwujudkan dalam sikap perbuatan kita yang penuh kasih terhadap orang lain. Tapi sering kali ada banyak orang yang mengatakan begini, bagaimana kita bisa memberi? Jika saya sendiri tidak pernah diberi?

 

Hal ini memang benar, bagaimana kita bisa memberi, jika kita tidak memiliki apa-apa. Bagaimana kita bisa menyumbang tapi kita sendiri tidak memiliki sesuatu yang bisa disumbangkan?

Bagaimana kita bisa berbuat baik atau kasih kepada orang lain, padahal sejak kecil orang tua kita tidak pernah mencintai kita? Namun, satu hal yang pasti Tuhan sudah mengasihi anda duluan.

Tuhan mencintai anda, sebelum anda mencintai siapa-siapa. Bahkan sebelum kita lahir saja kita sudah diberi bukan?

 

Ketika kita masih dikandung ibu kita, kita sudah mendapat nutrisi dari apa yang dimakan oleh ibu kita.

Dan meskipun orangtua kita jahatnya bukan main terhadap kita, sebelum kita lahir, tentu orang tua kita sudah mencari nama untuk bayi mereka, dan ketika kita lahir kita sudah diberi nama dari orang tua kita. Sejak kita lahir, kita sudah menerima nama, artinya kita sudah diberi sesuatu.

 

Kita sudah diberi sebelum dan ketika kita lahir. Bukankah sampai saat ini kita terus mendapat nafas? Kita masih mendapat makan dan sebagainya? Bukankah itu sudah merupakan berkat Tuhan kepada kita?

Jadi mustahil jika kita tidak bisa memberi, mustahil jika kita tidak pernah menerima apa-apa.

Yang ada adalah kita yang tidak pernah bersyukur atas apa yang kita dapat setiap harinya. Jadi, memberi bukan merupakan hal yang sulit bukan? Dan tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bisa memberi.

 

Lebih mudah memberi atau diberi? Seseorang yang paling bijak di dunia ini pernah berkata bahwa “apa yang engkau mau orang lain perbuat padamu, perbuat demikian juga pada mereka”.

Bagaimana saudara? Bukannya perkataan itu benar? Jika kita mau orang lain berbuat baik pada kita, kita juga harus berbuat baik pada mereka. Jika kita mau orang lain membantu kita, kita juga awalnya membantu mereka.

 

Berarti jika kita mau diberi, kita harus memberi duluan. Ini adalah prinsip tabur tuai. Barangsiapa menabur sedikit, orang tersebut juga akan menuai sedikit.

 

Jadi berilah maka kamu akan diberi.

Petani yang menabur benih sedikit juga akan mendapat tuaian sedikit. Tetapi ketika kita akan memberi yang harus kita perhatikan adalah hati kita. Apa motivasi hati kita memberi?
Banyak orang yang memberi sumbangan yang banyak, memberi bantuan yang banyak terhadap yang tidak mampu, tapi motivasinya demi mendapatkan tuaian yang banyak atau demi mendapatkan kembali uang yang berlipat ganda.

Memang yang menabur banyak akan mendapat banyak, tapi akan lebih baik anda tidak memberi jika itu dilakukan demi mendapatkan uang yang banyak nantinya. Memberi adalah masalah hati.

 

Jika hati kita baik, maka pikiran kita juga baik, dan perbuatan kita juga akan baik. Jika mata hati kita terang, maka teranglah semua perbuatan kita, dan jika mata hati kita gelap, gelaplah seluruh perbuatan kita. Ketika kita memberi dengan motivasi menjadi kaya nantinya, apa bedanya sumbangan anda dengan investasi?

 

Padahal investasi MMM yang katanya membantu manusia saja ambruk di Indonesia. Jika anda melakukan hal semacam ini, anda hanya menggunakan Tuhan sebagai batu lompatan anda demi mendapatkan uang yang banyak. Tuhan anda itu sebenarnya uang.

 

Waktu kita kecil kita sering mendengar lagu kasih ibu dan bagian lirik lagu tersebut mengatakan seperti ini “hanya memberi, tak mengharap kembali”.

 

Itulah yang sebenarnya harus kita lakukan. Seharusnya kita membantu orang yang kurang mampu, karena hati kita penuh belas kasihan akan mereka yang membutuhkan, sehingga kita menolong mereka.

 

Ketika kita memberi kepada mereka, tentu hati kita akan tulus dan ikhlas, kita tidak mengharapkan mendapat apa-apa dari mereka, hanya untuk memberi dan menolong saja.

 

Dan juga memberi itu tidak menunggu kita memiliki banyak uang baru bisa memberi. Kita sudah bisa memberi mulai dari sekarang. Bukannya yang dinilai itu sifatnya bukan jumlahnya? Manakah yang lebih mulia, seorang yang miskin yang menyumbang 2000 perak dengan seorang kaya yang menyumbang 2 milyar?

 

Apa bedanya perbuatan mereka? Bukankah mereka sama-sama memberi? Malah orang miskin tersebut lebih mulia, karena orang miskin tersebut memberi dari kekurangannya, sedangkan orang kaya tersebut memberi dari kelebihannya.

 

Masalah memberi juga bukan hanya menyumbang uang, tapi juga dari perbuatan kita. Misalnya saja memberi kasih kepada orang lain yang sebenarnya musuh kita.

Jika seseorang memaafkan duluan temannya yang mencuri handphonenya, dan malah memberi kepada temannya yang mencuri handphonenya, saya yakin temannya yang mencuri handphone malah akan bertobat karena perbuatan kasih orang tersebut. Bukankah ini indah?

 

Jika saja semua orang di dunia bisa berbuat hal seperti ini, maka bisa dipastikan tidak ada teroris, tidak ada pencurian, perampokan, pembunuhan, dan kriminal lainnya. Mungkin juga anda diantara anda yang merasa hidupnya berkekurangan, tidak bahagia dan sebagainya. Apa mungkin hidup anda saat ini adalah hasil dari penaburan anda di masa lalu?

 

Bisa saja, jika hal tersebut terjadi pada anda, satu hal yang bisa anda lakukan adalah perbanyak menabur, bukan saja dalam memberi uang, tapi menolong orang, mengasihi dan membantu musuh anda, memberi kepada musuh anda. Jadi perbanyak memberi karena kita sudah diberi duluan, lebih enak mana?

 

Menjadi orang yang memberi pengemis atau menjadi pengemis yang menunggu diberi oleh orang? Semua adalah pilihan anda.
Kata kata bijak kehidupan yang bisa dipelajari dari artikel apa manfaat memberi, bersedekah, beramal, mengapa harus memberi, beramal?  :

  1. “Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu”
  1. Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga

 

Baca juga : Tips kehidupan super lengkap bag 2

 

Bagaimana menurut Anda?

 

Sampaikan pendapat Anda melalui komentar..

Follow Us On Social Media :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *